Keajaiban Sedekah..

Mari Bersedekah..Tadi siang sekitar pukul 2 siang aku gak sengaja nonton acara yang dipandu ama ustadz yusuf mansyur nama acaranya : “keajaiban sedekah”. biasanya sih aku males nonton acara begituan hehe :-P(maaflkan aku tuhan). tapi karena temanku yang selama ini aku tumpangi rumahnya itu ingin nonton acara itu yah aku jadinya ikutan nimbrung aje.. :-p.
hm.. menakjubkan bagaimana sebenarnya sedekah itu penuh dengan keajaiban..! seorang narasumber di acara itu bersaksi kalo ia yang selama ini membuka usaha dibidang informatika itu harus membayar hutang sebesar 4 milyar..!! bayangkan..! dan disaat dalam keadaan amat sangat susah itu ia pun bertemu dengan ustadz yusuf mansyur atas saran dari salah seorang teman. sang ustadz malah menyarankannya agar menyedekahkan hartanya yang tesisa. loh koq gtu?! padahal ia hanya tinggal memilki uang sebesar 1 juta rupiah, hanya itulah hartanya yang tersisa,koq mesti disedekahkan lagi..?! akhirnya iapun menyedekahkan hartanya itu disalah satu mesjid. siapa sangka perlahan namun pasti usahanya mulai bangkit,mungkin memang kini ia tak sekaya dulu lagi. penghasilannya mungikin tak sebesar dulu,tapi kini ia merasa tenang telah terbebas dari segal hutang yang melilitnya.
Sedekah.. mengapa kita selalu sulit untuk bersedekah?! apalagi jika yang harus kita sedekahkan itu barang kesayangan kita.. uh.. betapa sulit rasanya hati ini untuk mengikhlaskannya..! saya berpendapat andai saja kita semua yang mungkin memilki nasib jauh lebih beruntung dari sodara2 kita mau bersedekah sesuai dengan yang diperintahkan agama,pasti gak akan ada lagi orang susah dimuka bumi ini.
bayangkan jika anda punya harta 1 milyar aja,berarti zakat harta anda yang sebesar 2,5% itu jumlahnya 25 juta rupiah. hanya 2,5%..! persentase yang sedikit bukan..?! hanya 2,5 %..! tapi bayangkan betapa banyak menfaatnya uang 25 juta yang diambil dari 2,5% harta anda itu kepada orang2 yang membutuhkan..
begitu banyak milyarder di negeri yang mayoritas penduduk muslimnya terbesar didunia ini. andai saja semua milyarder muslim ini mau menzakatkan hartanya sesuai dengan perintah agama, saya yakin gak bakalan ada lagi orang susah di negeri ini. bayangkan.. perkiraan harta salah seorang anak soeharto yaitu bambang trihatmodjo,sebesar $ 3 milyar dolar. atau sekitar 28 trilyun rupiah, yang berarti 2,5% nya sekitar 700 milyar rupiah..! bayangkan jumlah yang besar bukan?! jumlah yang besar dari persentase yang kecil,hanya 2,5%..! bayangkan.. betapa banyak rumah sederhana yang dapat dibangun dari uang itu bagi para gelandangan. bayangkan.. berapa banyak ton beras yang dapat dibeli dan dibagi2kan bagi orang susah dari uang itu.! bayangkan seandainya semua milyarder muslim dinegeri ini mau menzakatkan hartanya. hm.. pasti kita semua bakalan makmur..!
mengapa kita begitu sulit bersedekah..?!
Padahal dalam surat Al Anâ’am ayat 160, Allah sudah janji akan melipat gandakan
pahala sampai 10 kali lipat bagi mereka yang berbuat kebaikan.
Jadi sebetulnya kita tak perlu ragu untuk menyisihkan penghasilan bagi mereka
yang membutuhkan.
1 – 1 = 10, itulah ilmu sedekah. Banyak kejadian dibalik fenomena keajaiban
sedekah.
Lalu mengapa kita masih ragu bersedekah..?!
Baca kelanjutan soal bersedekah ini disni..
Membeli kesusahan dengan sedekah

About these ads

~ by thakiemz on February 25, 2007.

13 Responses to “Keajaiban Sedekah..”

  1. Aku Alhamdulillaah percaya banget sama the miracle of sedekah :)

    Soalnya Alhamdulillaah udah terbukti banget..

  2. memang klo punya kesadaran lebih mengenai sedekah itu akan lebih baik lagi…krn gak akan rugi koq berbagi dengan mereka yang kekurangan…dan ceritanya bener banget….it really happen to me…:D

  3. […] Ditulis dalam Ayo Sedekah tagged keajaiban sedekah pada 8:05 am oleh investasiabadi Keajaiban Sedekah.. […]

  4. Alhamdulillah melalui buku-buku dan tausiyah Ustadz Yusuf Mansyur banyak sekali merubah saya menuju kebaikan. Saya sangat percaya bahwa Allah Maha Kuasa. Kejarlah Allah maka kekayaan dunia akan menjadi milik kita.

  5. Menabung dunia dan akhirat dengan bersedekah

  6. Subhanallah keajaiban sedekah saya alami sendiri, bahkan tidak saya sangka sebelumnya….Alhamdulillah….terima kasih ya Allah….

  7. Allhamdulillah saya sering mengalami keajaiban bersedekah terima kasih ya Allah

  8. […] thakiemz on his blog.. Possibly related posts: (automatically generated)Towncorners.com: Hello World!Hello […]

  9. PROPOSAL
    PEMBANGUNAN GAZEBO
    SEKOLAH ALAM TINGKAT TAMAN- KANAK QURRATA A’YUN
    YAYASAN SENTRA DAKWAH HIDAYATULLAH MEDAN

    A. DASAR PEMIKIRAN
    1. Pendidikan terbaik hendaklah menteladani apa saja yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Saat itu sahabat hanya belajar di tempat beratap pelepah kurma. Tetapi gurunya memiliki kualifikasi nomor satu, yaitu Rasulullah SAW sendiri. Beliau mengajar dengan contoh atau teladan. Karenanya pendidikan yang baik adalah jika para guru bisa menjadi contoh dan teladan yang baik. Tempat boleh jadi sederhana, tetapi siswa harus dibentuk agar berperilaku dan berakhlak mulia. Dengan kata lain Pendidikan yang baik tidak ditentukan oleh sarana gedungnya, melainkan pada kualitas guru,metoda yang diterapkan dalam proses belajar mengajar dan kurikulum yang ditunjang oleh buku yang memadai sebagai gerbang ilmu. Orang – orang yang dididik oleh Rasulullah berhasil menjadi Khairu Ummah ( Umat terbaik) . Sebuah predikat yang kekal dan menjadi bukti para lulusannya menjadi pemimpin dimuka bumi yang membawa rahmat bagi semesta alam. Padahal sekolah mereka adanya di bawah pohon kurma, didekat oase. Kalaupun di gedung, itu hanyalah bangunan kecil 3×4 milik Arqom bin Abi Arqom.
    2. Pada umumnya, ruang kelas di sekolah pada era sekarang ini dikelilingi tembok yang membuat anak didik sulit melihat keluar sehingga ada jarak dengan alam bebas. Di ruang kelas, anak didik cukup belajar dari buku dan ucapan-ucapan guru. Anak boleh jadi sudah mendengar di kelas tentang nama pohon mahoni dan lain-lain, tetapi tidak pernah melihat pohon itu mahoni dan lain-lain itu seperti apa. Karena di halaman atau di kebun sekolah tidak ada pohon mahoni. Yang terjadi kemudian adalah sejenis verbalisme. Verbalisme dalam pendidikan barangkali bukan merupakan dosa, tetapi itu adalah sebuah kesalah kaprahan.
    3. Pendidikan yang ada selama ini telah mematikan daya kritis dan kreativitas. Sejak duduk di Taman Kanak-kanak hingga perguruan tinggi siswa dididik untuk tidak boleh kritis dan kreatif. Anak TK atau SD yang kritis dianggap nakal atau pembuat onar, hanya karena mereka ingin menyatakan sesuatu yang mereka belum tahu dan mereka memang harus tahu.
    4. Ada sebuah kejadian menarik tentang anak orang gedongan yang selalu di ajak ke super market . Ketika anak itu ditanya dari mana asalnya telur, anak itu menjawab: “dari supermarket”. Mengapa terjadi demikian ? Jawabnya adalah karena anak itu tidak pernah menyaksikan ayam bertelur. Tidak hanya itu saja, di beberapa tempat, ada anak peternak yang sudah tidak akrab lagi dengan sapi dan lain lain, karena di sekolah tak ada waktu untuk memperkenalkan ternak secara konkret. Padahal, dalam teori pendidikan disebutkan bahwa : “sekali melihat, itu lebih baik daripada seribu kali mendengar”.
    5. Pada kenyataannya Alam menyediakan begitu banyak inspirasi bagi ilmu pengetahuan. Di alam tersedia alat peraga, objek penelitian dan sarana pengembangan kepribadian yang sangat lengkap dan mewah. Kisah penemuan hukum gravitasi oleh Newton terjadi ketika dia duduk di bawah pohon apel, Hukum gaya angkat air oleh Arcimides didapat ketika mandi dan menekan-nekan gayungnya, Frekuensi dan panjang gelombang oleh Einstein diperoleh ketika mengamati perubahan warna matahari pada waktu pagi, siang dan sore, konsep pondasi cakar ayam diperoleh dari pengamatan pada pohon kelapa di tepi laut. Dan banyak lagi penemuan-penemuan yang Semua berdasar dan bersumber dari pengamatan di alam. Alam Kita Indonesia memiliki begitu banyak potensi. Para pujangga menyebutnya zamrud katulistiwa, namun ironisnya sekolah dan pendidikan di negeri ini menjauhkan generasi mudanya dari lingkungannya dengan membatasi sekolah dan kelas pada dinding-dinding yang sempit.
    6. Dengan melihat realitas diatas maka kami memandang perlu menyelenggarakan Sekolah Alam dan kami kami akan memulainya dari tingkat yang paling dasar yaitu Pre School atau Taman kanak-Kanak.

    B. TUJUIAN

    Tujuan disusunnya Proposal ini adalah :

    1. Memberikan gambaran kepada masyarakat Medan khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya bahwa , betapa pentingnya didirikan Sekolah Alam dengan Konsep pendidikan ala Rasulullah SAW dengan pendekatan Alam sebagai Media sekaligus penyedia inspirasi ilmu pengetahuan. Di alam tersedia alat peraga, alam sebagai objek penelitian dan alam sebagai sarana pengembangan kepribadian yang sangat lengkap.
    2. Mengajak Pemerintah, Instansi Sipil, BUMN dan Perusahaan- perusahan melalui program CSR-nya, Badan Amil Zakat melalui Dana Sabilillah-nya, dan para dermawan untuk turut mengambil bagian partisipasi dan kontribusi dalam mewujudkan rencana tersebut dalam rangka melahirkan generasi bangsa yang berbudi luhur dan berakhlaq mulia.
    3. Khusus Bagi Badan Amil Zakat, program ini bisa di kategorikan Fii Sabilillah sehingga layak untuk di berikan Bantuan dari Dana Zakat.
    4. Sebagai alat kendali pelaksanaan kerja, agar manajemen panitia bekerja sesuai dengan Master Plan yang telah disepakati.

    C. NAMA PROYEK

    “Pembangunan Gazebo Sekolah Alam Tingakat Taman Kanak-Kanak Qurrata A’yun Yayasan Sentra Dakwah Hidayatullah Medan”

    D. LOKASI PEMBANGUNAN

    Pembanguan Gazebo Sekolah Alam ini berlokasi di Areal Kampus Sentra Dakwah Hidayatullah Medan Jl. Mawar Gg. Benteng Kelurahan sari Rejo Kecamatan Medan Polonia.

    E. PANITIA PEMBANGUNAN

    Ketua : Choirul Anam S.Sos.I
    Bendahara : Rusdi Hidayat
    Sekretaris : Heri Kusmiran SE
    Kep. Proyek : Sriyono S.Pd.I
    Anggota : Dra. Sri Rifiana
    Alia Tanjung
    Fiman Hadait
    Aswin
    Aiman Syah

    F. ANGGARAN

    Pembangunan Gazebo dan Pengadaan Sarana Sekolah Alam Qurrata A’yun ini diperkirakan akan memerlukan biaya sbesar : Rp. 21.597.000,- ( Dua Puluh Satu Juta Lima Ratus Sembilan Puluh Tujuh Juta Rupiah ). Dibulatkan menjadi Rp. 22.000.000,-( Dua Puluh Dua Juta Rupiah ).Biaya ini belum termasuk Sarana Belajar dan instalasi listri. ( Rencana Anggaran Biaya terlampir.)

    G. PENUTUP

    Demikian proposal ini kami buat sebagai gambaran umum tentang kegiatan yang akan kami laksanakan dan semoga menjadi bahan pertimbangan untuk segera diberikan bantuan sepenuhnya. Semoga Allah SWT meringankan beban kita semua dalam memikul tugas – tugas keummatan serta memberikan rizkinya kepada kita semua, sehingga bisa lebih banyak lagi dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa ini. Amin.

    Meda, 30 Desember 2009
    YAYASAN SENTRA DAKWAH HIDAYATULLAH
    MEDAN SUMATERA UTARA

    CHOIRUL ANAM S.Sos.I
    Ketua

    RENCANA ANGGARAN BIAYA
    PEMBANGUNAN GAZEBO SEKOLAH ALAM
    SENTRA DAKWAH HIDAYATULLAH MEDAN

    NO. URAIAN KEGIATAN SAT. VOL. HARGA SAT. JUMLAH HARGA
    I. TAPAK PONDASI
    01. Bis 40 cm. Bh. 9 Rp. 100.000,- Rp. 900.000,-
    02. Besi 9mm Btg. 6 Rp. 35.000,- Rp. 105.000,-
    03. Besi 5mm Btg. 3 Rp. 12.000,- Rp. 36.000,-
    04. Kawat ikat Kg . 1 Rp. 13.000,- Rp. 13.000,-
    SUB TOTAL Rp. 1.054.000,-
    II. LANTAI *
    2.1 GELAGAR ( SLOOB )
    05. Besi 9 mm Btg. 16 Rp. 35.000,- Rp. 560.000,-
    06. Besi 5mm Btg. 8 Rp. 12.000,- Rp. 96.000,-
    07. Semen Zak 5 Rp. 45.000,- Rp. 225.000,-
    08. Pasir Colt 1 Rp. 85.000,- Rp. 85.000,-
    09. Batu guli Colt 1 Rp. 100.000,- Rp. 100.000,-
    10. Kawat ikat Kg. 1 Rp. 13.000,- Rp. 13.000,-
    11. Broty 2”x4” Btg 15 Rp. 95.000,- Rp. 1.425.000,-
    12. Papan 1”x4” Lbr. 50 Rp. 65.000,- Rp. 3.250.000,-
    SUB TOTAL Rp. 5.754.000
    III. DINDING
    13. Broty 2”x4” ( Tiang ) Btg. 8 Rp. 95.000,- Rp. 760.000,-
    14. Broty 1 ½ “ x 3 “ Btg. 16 Rp. 55.000,- Rp. 880.000,-
    15. Broty 1 ½ “ x 2 “ Btg. 31 Rp. 35.000,- Rp. 1.085.000,-
    16. Tepas Motif Lbr. 9 Rp. 100.000,- Rp. 900.000,-
    17. Paku campur Kg. 3 Rp. 13.000,- Rp. 39.000,-
    SUB TOTAL Rp. 3.664.000,-
    IV. RANGKA ATAP
    18. Kayu 1 ½” x 3” Btg. 20 Rp. 55.000,- Rp. 1.100.000,-
    19. Kayu 1 ½” x 2 “ Btg. 20 Rp. 35.000,- Rp. 700.000,-
    20. Paku campur Kg. 3 Rp. 13.000,- Rp. 39.000,-
    21. Papan List Plang Lbr. 8 Rp. 65.000,- Rp. 520.000,-
    SUB TOTAL Rp. 2.359.000,-
    V. ATAP
    22. Rabung Lbr. 12 Rp. 13.000,- Rp. 156.000,-
    23. Atap Seng Seng 6 kaki Lbr. 60 Rp. 50.000,- Rp. 3.000.000,-
    24. Paku Seng Ktk 10 Rp. 20.000,- Rp. 200.000,-
    SUB TOTAL Rp. 3 .356.000,-
    VI. FINISHING
    25. Cat Minyak Klg 10 Rp. 32.000,- Rp. 320.000,-
    26. Minyak Tinner Klg. 10 Rp. 9.000,- Rp. 90.000,-
    SUB TOTAL Rp. 410.000,-
    27 Ongkos Tukang Rp. 5.000.000,-

    REKAPUTULASI ANGGARAN BIAYA
    PEMBUATAN GAZEBO SEKOLAH ALAM
    SENTRA DAKWAH HIDAYATULLAH MEDAN

    NO. URAIAN PEKERJAAN JUMLAH HARGA
    01. PEKERJAAN TAPAK PONDASI Rp. 1.054.000,-
    02. PEKERJAAN LANTAI Rp. 5.754.000,-
    03. PEKERJAAN DINDING Rp. 3.664.000,-
    04. PEKERJAAN RANGKA ATAP Rp. 2.359.000,-
    05. PEKERJAAN ATAP Rp. 3.356.000
    06. FINISHING Rp. 410.000,-
    07. ONGKOS TUKANG Rp. 5.000.000,-
    JUMLAH TOTAL Rp. 21.597.000,-

    Dibulatkan menjadi : Rp. 22.000.000,- ( Duapuluh Dua Juta Rupiah )

    Medan, 30 Desember 2009
    YAYASAN SENTRA DAKWAH HIDAYATULLAH
    ( PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MEDAN )

    Sriyono S.Pd.I
    Kepala Proyek

    RENCANA ANGGARAN BIAYA
    PEMBANGUNAN GAZEBO SEKOLAH ALAM
    SENTRA DAKWAH HIDAYATULLAH MEDAN
    ( Alternatif 2 )

    I.TAPAK PONDASI

    01.Bis 40cm.9 Bh.x Rp.100.000,- Rp. 900.000,-
    02.Besi 9mm 6 Btg.x Rp.35.000,- Rp. 105.000,-
    03.Besi 5mm 3 Btg.x Rp.12.000,- Rp. 36.000,-
    04.Kawat ikat 1Kg x Rp.13.000,- Rp 13.000,-
    SUB TOTAL
    Rp. 1.054.000,-
    II.LANTAI *
    2.1GELAGAR ( SLOOB )*

    10.Broty 2”x 6” Kg.9x Rp.160.000,- Rp. 1.440.000,-
    11.Broty 2”x4” Btg 15x Rp.95.000,- Rp. 1.425.000,-
    12.Papan 1”x4” 50 Lbr.x Rp.65.000,- Rp. 3.250.000,-
    SUB TOTAL Rp. 6.115.000,-

    III. DINDING

    13.Broty 2”x4” ( Tiang )15 Btg.xRp. 95.000,- Rp. 760.000,-
    14.Broty 1 ½ “ x 3 “ 16 Btg.x Rp. 55.000,- Rp. 880.000,-
    15.Broty 1 ½ “ x 2 “31 Btg.xRp. 35.000,- Rp. 1.085.000,-
    16.Tepas 9Lbr.x Rp 100.000,- Rp. 900.000,-
    17.Paku campur 3 Kg.x Rp. 13.000,- Rp. 39.000,-
    SUB TOTAL Rp. 2.764.000,-

    IV.RANGKA ATAP

    18.Kayu 1 ½” x 3” 20 Btg.x Rp. 55.000,- Rp. 1.100.000,-
    19.Kayu 1 ½” x 2 “ 20 Btg.x Rp. 35.000,- Rp. 700.000,-
    20.Paku campur 3 Kg.x Rp. 13.000,- Rp. 39.000,-
    21.Papan List Plang 8 Lbr.x Rp. 65.000,- Rp. 520.000,-
    SUB TOTAL Rp. 2.359.000,-

    V.ATAP

    22.Rabung 12 Lbr.x Rp. 13.000,- Rp. 156.000,-
    23.Seng atap 6 kaki 60 Lbr.xRp. 48.000,- Rp. 2.880.000,-
    24.Paku Seng 3xRp.20.000,- Rp. 60.000,-
    SUB TOTAL Rp. 3.096.000,-

    * Perhitungan ini jika sloob lantai menggunakan kayu

    REKAPUTULASI ANGGARAN BIAYA
    PEMBUATAN GAZEBO SEKOLAH ALAM
    SENTRA DAKWAH HIDAYATULLAH MEDAN

    01. PEKERJAAN TAPAK PONDASI Rp. 1.054.000,-
    02. PEKERJAAN LANTAI Rp. 6.115.000,-
    03. PEKERJAAN DINDING Rp. 2.764.000,-
    04. PEKERJAAN RANGKA ATAP Rp. 2.359.000,-
    05. PEKERJAAN ATAP Rp. 3.096.000,-
    JUMLAH TOTAL Rp. 15.388.000,-

    YAYASAN SENTRA DAKWAH HIDAYATULLAH
    ( PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MEDAN )

    ttd.

    Choirul Anam
    Ketua

    Partisipasi :BANK MUAMALAT NO.0000098120 ATAS NAMA : YAYASAN SENTRA DAKWAH HIDAYATULLAH MEDAN

    confirmasi : 081346320765 CHOIRUL ANAM

  10. Silakan kunjungi blog sehat di http://www.wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

  11. Semoga apa yg sy dptkan dr website ini dpt sy amalkan dlm kehidupan ini.Amin YRA

  12. Smoga sedekah yg kecil biasa sy lakukan tsb bisa membiasakan sy tuk membersihkan harta yg sy dptkan selama ini. Amin YRA

  13. yaa_Alloh jadikanlah Kami sebagai orang-orang yang mampu menunaikan sedekah,Amin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: